Tips Membuat Cotton Cake

03/05/10

Cotton cake disebut juga cake kapas, karena bertekstur lembut dan sedikit lentur dengan pori-pori sangat halus seperti kapas, ini disebabkan perbedaan pada proses pemanggangannya. Cotton cake mirip dengan chiffon cake, bedanya cotton cake lebih berat tapi lebih lembut daripada chiffon cake.

Cotton cake yang lembut dan populer ini makin banyak dicari orang. Dengan berbagai variasi dalam bentuk dan rasa yang tentu saja menggiurkan membuat cake ini berkesan eksklusife.

Di gerai bakeri dan toko kue dijual aneka cotton cake dengan harga cukup mahal. Oleh karena itu apa salahnya belajar membuat sendiri? Tidak begitu sulit membuatnya, hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Jangan takut gagal jika ingin mencoba sendiri, jika berhasil pasti anda berdecak kagum akan hasilnya. Anda pasti bisa membuatnya.
Membuat Cotton cake tidak sulit. Hanya memerlukan persiapan khusus, ikuti petunjuk singkat berikut, hasilnya pun maksimal.
Ini dia Tipsnya:
  • Gunakan putih telur yang segar, tidak encer karena mudah mengembang saat dikocok.
  • Jangan mengocok putih telur jika bahan-bahan lainnya belum disiapkan, karena sifat putih telur cepat berair.
  • Wadah dan peralatan lainnya harus bersih dan kering, bebas dari lemak saat mengocok putih telur.
  • pengocokan putih telur harus mengembang, tetapi tidak terlalu kaku menyebabkan cake kurang lembut.
  • Saat mencairkan mentega atau margarin antara air dan minyak jangan sampai terpisah, karena dapat menyebabkan kue agak kering dan kadang dapat menyebabkan kue bantet.
  • Jika menghangatkan susu , santan jangan mendidih, karena dapat menyebabkan telur matang.
  • Loyang harus dialasi kertas berminyak (kertas bakewell) atau kertas bakar agar cake tidak lengket.
  • Pada proses pemanggangan dengan  steam bake atau meletakkan loyang berisi air, jangan terlalu banyak memberi air dan pastikan air itu tidak kering sewaktu memanggang.
  • Gunakan api bawah saat memanggang cake. Jika permukaan cake kurang kering dapat menggunakan api atas. Lakukanlah pembuatan sesuai dengan langkah yang diterangkan dan tips yang dituliskan.

Diambil dari: Aneka Cotton Cake (Sisca Susanto) 

1 komentar:

A Greeny Holic mengatakan...

Mb,,, proses pemanggangan dgn meletakkan loyang berisi air dibawahnya, maksudnya gimana ya mb? Apa saya harus meletakkan loyang adonan kue di dalam loyang yang berisi air? tp gmn kl airnya habis???

Posting Komentar

doyan kue Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino