Jenis-jenis krim

21/05/10

Krim dibuat dengan cara memisahkan lemak susu dari bahan-bahan lain yang ada dalam susu (air, protein dan karbohidrat). Kandungan lemak krim sangat bervariasi, tergantung jenisnya.

Krim Encer(cream) :
disebut single cream, sedangkan di Amerika disebut light cream atau half-and-half. Dikatakan krim encer karena kandungan lemaknya paling sedikit 18-25%. Tidak bisa dikocok hingga kental, jadi lebih cocok digunakan untuk menggurihkan masakan, seperti sup dan quiche, atau campuran minuman hangat/ dingin, atau puding.

Krim Kental (heavy cream) :
di Inggris disebut double cream, sedangkan di Amerika disebut thick cream. Kandungan lemaknya cukup tinggi, 36-48%, karena itu teksturnya sangat kental. Jika dikocok akan kaku lebih lama dibandingkan krim kocok (whipped cream) . Bila sulit diperoleh, ganti heavy cream dengan whipped cream, meskipun rasanya tidak segurih krim kental.

Krim Kocok (whipped cream) ;
Krim berbentuk cair dengan kandungan lemaknya 30-35%, bisa dikocok hingga kaku dan mengembang. Dijual dalam kemasan kotak kardus (tetra pack). Fungsinya bisa menggantikan krim kental.

Krim Bubuk :
Bentuknya bubuk putih seperti susu. Untuk menggunakannya, kocok 30 gr krim bubuk dengan 120 ml susu cair dingin /air es dengan mixer berkecepatan sedang hingga kaku dan mengembang

Krim Kocok Siap Pakai : 
Krim dalam bentuk sudah dikocok dalam kemasan tabung. Rasanya agak manis. Banyak dipakai untuk menghias minuman atau puding.

Source: Primarasa, teori & resep

1 komentar:

Apa saja bisa jadi tulisan mengatakan...

wah jadi tambah pinter nih setelah baca ini :)



---
Supplier Tas Batam

Posting Komentar

doyan kue Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino